Artikulasi Peserta Jadi Perhatian Juri Indonesian Idol

Kamis, 08 Maret 2012 15:20 wib | Mustafa Imanudin - Okezone

Artikulasi Peserta Jadi Perhatian Juri Indonesian Idol Foto: RCTI JAKARTA- Dalam setiap audisi Indonesian Idol, tidak semua peserta menyanyikan lagu dalam negeri. Beberapa dari mereka ada yang menyanyikan lagu dengan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.

Hal itu diperbolehkan oleh para juri, serta tidak mempengaruhi penilaian juri terhadap peserta tersebut. Padahal, sebenarnya menyanyikan lagu berbahasa asing memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Dalam menyanyi, selain intonasi, hal lain yang harus diperhatikan adalah artikulasi. Ketika seseorang menyanyi, berarti dia berusaha menyampaikan isi pesan dari lagu yang ia nyanyikan tersebut kepada orang yang mendengar. Dalam hal ini, artikulasi jelas sangat mempengaruhinya. Agar pesan pada lagu tersebut dapat sampai ke pemikiran pendengar, pengucapan lafal juga harus jelas. Artikulasi menjadi salah satu hal yang cukup disoroti pada audisi Indonesian Idol.

Dengan artikulasi yang baik, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah dimengerti oleh pendengar. Namun jika pengucapan kata-katanya saja kurang tepat, pendengar akan susah memahami apa maksud dari lagu yang dinyanyikan tersebut. Salah satunya contoh artikulasi yang kurang tepat terjadi pada peserta audisi Indonesian Idol di Medan, Sumatera Utara.

Dialah Jobitar Lubis, yang sempat beberapa kali dibantu oleh Ahmad Dhani, sebagai juri, untuk mengucapkan kata "power" dengan benar. "Power (baca : pawer), bukan fawer," tegas Dhani. Jobintar beberapa kali mencoba mengikuti apa yang diajarkan pendiri Republik Cinta Management tersebut. Namun masih saja kesulitan mengucapkan kata "power".

Di Indonesian Idol, juri tidak hanya mengkritik para peserta. Namun mereka sebagai pemusik yang lebih senior juga tidak pernah bosan untuk membagi ilmu kepada para peserta. Sebab tujuan utama mereka tentu saja untuk mendidik para peserta, baik yang lolos maupun yang tidak lolos. (rik)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป