Sting Banyak Tulis Lagu Tentang Kekejaman Manusia

Kamis, 13 Desember 2012 14:52 wib | Maria Cicilia Galuh - Okezone

Sting Banyak Tulis Lagu Tentang Kekejaman Manusia Sting (Foto: Reuters) JAKARTA - Selain dikenal sebagai musisi, Sting juga banyak terlibat dalam kegiatan sosial. Oleh karena itu, beberapa lagunya berisikan tentang pandangannya terhadap suatu masalah didunia.

Sting melalui lagunya, memasukkan pandangan-pandangannya terhadap peristiwa yang sedang terjadi. Apalagi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isu lingkungan dan Hak Azasi Manusia. Berikut beberapa lagu yang dibuat karena terinspirasi dengan masalah tersebut;

1. “They Dance Alone” dibuat sebagai rasa protes Sting terhadap kejamnya rezim Pinochet di Chili pada tahun 1973 sampai 1990. Dalam kepemimpinan rezim tersebut, ribuan orang tidak bersalah dibunuh dan hal inilah yang membuat Sting terpanggil untuk menuliskannya.

Lagu ini juga sempat diminta oleh Goenawan Mohamad untuk dibawakan pada konser 15 Desember 2012 mendatang di MEIS, untuk memperingati kematian Munir dan korban-korban penculikan rezim Soeharto.

2. "If You Love Somebody, Set Them Free" ditulis oleh Sting sebagai "penawar racun" dari lagu “Every Breath You Take”. Selain itu, lagu ini merupakan bentuk kecemasannya terhadap perang dingin dan reaksi nuklir di tahun 1980-an. Bukan hanya "If You Love Somebody, Set Them Free", dalam album yang sama terdapat lagu “Russians” yang juga dipersembahkannya untuk masalah tersebut.

3. “Fragile” yang terdapat di album Nothing Like The Sun juga terinspirasi dari relawan American Peace Corps di Nikaragua yang ditembak mati oleh Contras.

4. “Why Should I Cry For You” memang bukan ditulis Sting sebagai respon terhadap masalah sosial. Namun lagu ini memiliki arti yang dalam bagi Sting karena bercerita kematian sang ayah.

Penyanyi bernama asli Gordon Matthew Thomas Sumner kelahiran 2 Oktober 1951 ini siap menghibur penggemar Indonesia. Peraih enam piala Grammy ini akan tampil di Mata Elang International Stadium (MEIS) pada Sabtu, 15 Desember, pekan ini dengan membawa tema "Back To Bass". (tre)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »