X Factor Indonesia

Fatin Shidqia vs Novita Dewi, Siapa yang Terbaik?

Kamis, 02 Mei 2013 12:59 wib | Alan Pamungkas - Okezone

Fatin Shidqia vs Novita Dewi, Siapa yang Terbaik? Fatin Shidqia dan Novita Dewi (Ilustrasi: Feri/okezone JAKARTA - Anjloknya perolehan vote pemirsa kepada Novita Dewi membuat dia terhempas ke bottom two, usai berlaga di Gala Show 10 X Factor Indonesia (XFI). Beruntung, Novita masih berada urutan kedua dari bawah.

Apakah ini sinyal buruk bagi Novita yang sebelumnya memiliki reputasi baik bersama Fatin tak pernah masuk bottom two. Sehingga rekor tak pernah mendapat bottom two masih dipegang gadis berjilbab itu.

Nilai plus Fatin yang penuh keunikan dengan hijabnya, namun punya suara sepertiĀ  penyanyi berkulit hitam atau penyanyi barat, jadi magnet kawula muda pencinta musik atau tidak menyukainya.

Para musisi pun banyak kepincut dengan gaya Fatin di atas panggung. Beberapa kali juga seorang Fatin memopulerkan kembali lagu-lagu milik musisi Bruno Mars ("Grenade"), Foster the People ("Pump Up Kicks"), Rihanna ("Diamonds"), Maudy Ayunda ("Perahu Kertas"), dan Duffy ("Mercy"). Luar biasa memang nih, Fatin.

Punya suara unik, mengenakan jilbab, imut, dan centil di panggung jadi musikalitas tersendiri bagi gadis kelahiran 30 Juli 1996. Sehingga, juri Anggun Cipta Sasmi pun memberikan musikalitas Fatin sebagai "faktor Fatin" yang tak dimiliki penyanyi manapun.

Musikalitas yang jarang ini pula yang membuat pemirsa dari kalangan biasa, maupun para pemusik memberi apresiasi kepada anak asuh Rossa ini. Sehingga, dukungan bagi peserta yang duduk di bangku SMA ini untuk berada di X Factor Indonesia melimpah.

Dikepung 12 kontestan saat awal Gala Show digelar hingga Gala Show 10 kemarin menyisakan lima kontestan tak sanggup menyeret Fatin ke bottom two sekali pun.

Kini, Fatin punya pesaing dari kalangan wanita, yakni hanya Novita. Ketika ditanyakan mengenai hal itu, Fatin merasa pesaing berat bukan hanya Novita. Semua kontestan, bagi Fatin punya kekuatan yang sama.

"Dari dulu semua kontestan punya keunikan, dan kelebihan masing-masing. Jadi nyerahin yang terbaik saja. Kan masyarakat tahu selera mereka. Jadi enggak ngaruh cuma aku doang yang cewek sama Novita. Semuanya kuat-kuat kok," katanya.

Novita Dewi, satu-satunya kontestan perempuan yang menjadi lawan berat Fatin di empat besar juga tak bisa diremehkan. Novita punya pengalaman sebagai penyanyi festival tingkat internasional. Para penikmat musik yang suka dengan penyanyi bersuara tinggi pasti memilihnya jadi juara.

Putri musisi Batak Jack Marpaung ini pun punya banyak penggemar fanatik. Banyak yang menjagokan Novita untuk jadi juara satu. Penampilannya juga jarang mengecewakan dewan juri.

Kekasih Alex Rudiart, salah satu kontestan yang sudah lebih dulu tereliminasi ini juga sempat punya album, Sweet Heart, yang rilis 2008. Pengalaman profesional Novita sempat mengundang protes dari sebagian pemirsa, yang merasa tak pantas jika penyanyi kelahiran 15 November 1979 itu ikut berkompetisi.

Ahmad Dhani pernah mengagumi teknik suara Novita, dan tak segan memberikan pujian, bahwa Novita pantas menjuarai XFI, meski setelah itu Dhani bersikap plin-plan.

Senada dengan Fatin, saat ditanya persaingan mereka, Novita mengungkapkan, "Kontestan bagi aku sama kuatnya punya kekuatan masing-masing. Jadi fokus saja sama yang aku punya, tanpa berusaha menjatuhkan yang lain. Enggak pengaruh cowok atau cewek, semua finalis sama beratnya."

So, siapa yang bakal kamu pilih? Novita yang bersuara tinggi atau Fatin bersuara unik? Keduanya akan kembali bertarung bersama Nu Dimension, dan Mikha Angelo di Gala Show 11, Jumat, 3 Mei 2013, hanya di RCTI.
(tre)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA Ā»